Sekretaris KPU Sumenep Tak Kunjung Terisi

Kantor KPU Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Jabatan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur masih tetap kosong. Padahal, dalam waktu dekat akan mulai masuk tahapan rekrutmen anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Jabatan Sekretaris KPU Sumenep dinyatakan kosong sejak awal tahun 2017. Sekretaris KPU waktu itu, Fajar Rahman dimutasi menjadi Kepala Satpol PP setempat sekaligus menjadi Plt Sekretaris KPU.

“Masih belum, nunggu SK (surat keputusan) KPU Pusat,” kata Komisioner KPU Sumenep Malik Mustofa, Rabu (11/10/2017).

Sementara itu, sesuai PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tahapan seleksi PPK dijadwalkan mulai 12 Oktober 2017 besok.

Menurutnya, penetapan sekretaris sepenuhnya berada di KPU Pusat, sementara KPU Kabupaten hanya mempunyai kewenangan untuk mengajukan calon. Meski pun sudah diajukan, tetapi hingga kini kursi sekretaris belum juga diisi.

Jumlah calon yang diajukan terdapat tiga orang. Ketiganya berasal dari tiga unsur, diantaranya dari unsur Kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dari Legislatif. Sesuai aturan pengajuan itu dilakukan oleh KPUD ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur. Pengajuan tersebut dilakukan atas rekom Bupati. “Kalau dari sisi adminitrasi sudah selesai semua,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur. “Sesuai hasil koordinasi dalam minggu-minggu ini sudah ada kepastian,” tukasnya. (hoki/rud)

Leave a Reply