Lama Diwacanakan, Mungkinkah 2018 Penerbangan Pesawat ke Kepulauan Sumenep Beroperasi?

Penerbangan Perdana Wings Air di bandara Trunojoyo Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur telah lama merencanakan ada penerbangan dengan rute Bandara Trunojoyo – kepulauan. Hanya saja, faktanya hingga kini rencana tersebut belum terealisasi.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim berjanji tahun 2018 penerbangan pesawat perintis rute kepulauan mulai dikomirsilkan. Rute kepulauan yang akan dikomirsilkan akan dimulai dari Pulau/Kecamatan Sapeken.

“Sejak 2018 nanti optimis ada penerbangan ke kepulauan,” katanya, Kamis (12/10/2017).

Menurutnya, secara kapasitas infrastruktur Pulau Sapeken dianggap lebih siap dibandingkan pulau lain. Pulau Sapeken sudah ada bandara milik Kangean Energy Indonesia (KEI) yang bisa disinggahi pesawat perintis. KEI merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang minyak dan gas (Migas).

“Saat ini kami masih konsentrasi pada percepatan izin penerbangan dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Sumenep terdapat 126 pulau, baik yang berpenghuni  atau tidak berpenghuni.

Dalam kondisi normal, waktu tempuh perjalanan laut dari Kalianget (Sumenep daratan) ke Sapeken dengan menggunakan kapal besi/baja pada kisaran 13-14 jam dan sekitar 7 jam dengan kapal cepat.

Namun, jadwal pemberangkatan kapal motor penumpang dari Kalianget ke Sapeken dan pulau-pulau lainnya di Sumenep bisa tertunda, jika kondisi cuaca laut dinyatakan buruk.

“Adanya penerbangan nanti Ini menjadi solusi transportasi bagi warga Pulau nanti,”tukasnya.

Sejak dua pekan lalu, di Bandara Trunojoyo Sumenep telah beroperasi pesawat Wings Air dengan kapasitas 72 penumpang. Pesawat yang beroperasi setiap hari itu melayani penerbangan Sumenep – Surabaya dan sebaliknya. (hoki/rud)

Leave a Reply