Puluhan Sopir Bus Diperiksa Test Urine, Ini Kata Sopir Bus AKAP

MAGETAN, Limadetik.com – Demi menunjang keselamatan penumpang dan kelancaran arus mudik lebaran 1438 H, petugas gabungan dari unsur Polres Magetan, TNI, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan kesehatan dan test urine kepada puluhan sopir armada bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) di Terminal Maospati, Magetan, Jawa Timur, Senin (19/6/2017.

Pemeriksaan tersebut dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang yang memanfaatkaan moda transportasi darat tersebut, mengingat kondisi kesehatan bagi sopir dirasa sangat penting dalam memperlancar arus mudik lebaran 1438 H. Selain memeriksa test kesehatan, petugas gabungan diketahui melakukan test urine guna  mengantisipasi penyalahgunaan narkoba yang dikhawatirkan dilakukan bagi pengemudi bus yang melintas di Terminal Maospati, Magetan, Jawa Timur.

Menurut keterangan Kapolres Magetan AKBP. Muslimin, kepada Limadetik.com menyampaikan, dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan dan test urine ini dilakukan guna memperlancar arus mudik lebaran dan memberikan rasa aman serta kenyamanan bagi penumpang yang melaksanakan mudik.

“ Bahaya jika ada sopir yang menyalahgunakan narkoba. Demi keselamatan penumpang dan memperlancar arus mudik, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya sopir yang menyalahgunakan narkoba. Pemeriksaan ini dilakukan demi keselamatan masyarakat banyak,’’ jelas, AKBP. Muslimin, ketika dikonfirmasi wartawan dilokasi.

Terpisah, menurut Joko (39), salah satu pengemudi Bus AKAP menyampaikan, pemeriksaan ini merupakan hal yang biasa dilakukan kepada sejumlah pengemudi. Apalagi, lanjut Joko, kegiatan positif seperti ini dilakukan juga untuk menunjang kepercayaan penumpang kepada pengemudi bus yang ditumpanginya.

‘’ Saya sudah terbiasa dalam pemeriksaan seperti ini, apalagi dengan suasana mudik seperti ini disetiap daerah seperti Surabaya, Nganjuk, Magetan dan Solo, pastinya juga melakukan pemeriksaan serupa mas. Kegiatan ini positif sekali, karena kegiatan ini juga akan menunjang tingkat kepercayaan penumpang kepada pengemudi bus,’’ terang, salah satu pengemudi yang mengaku berasal dari Tulungagung ini.

Dalam pantauan Limadetik.com dilapangan menyebutkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dalam pemeriksaan tersebut, sedikitnya terdapat 23 sopir bus AKAP menjalani pemeriksaan kesehatan dan test urine yang dilakukan petugas gabungan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

 

(DMTN/Ton)

LEAVE A REPLY