Pansus Nilai Draf SOPD Sumenep Tidak Utuh

0
130

SUMENEP, Limadetik.com – Ketua Pansus Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur Darul Hasyim Fath, menilai draf SOPD yang bahas legislatif dan eksekutif tidak utuh.

“Draf SOPD tidak utuh. Pembahasan SOPD hanya sebatas nomenklatur, bukan SOPD secara utuh,” kata Darul Hasyim Fath, Senin (07/11/2016).

Seyogyanya, lanjut Politisi PDI P, eksekutif mengajukan draf SOPD bukan hanya nama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), melainkan mesti dilengkapi dengang bidang yang ada didalamnya. Meski pembidangan merupakan otoritas kepala daerah yang diatur melalui peraturan bupati (Perbup), tetapi Pansus juga perlu tahu proses pembidangannya.

“Pansus perlu tau, untuk memastikan relevansinya dengan satuan kerja yang ada,”terangnya.

Sebaiknya Pansus SOPD bukan Pansus nomenklatur semata. Sehingga seluruh struktur organisasi dari atas sampai ke bawah harus ada. Sebab, reformasi birokrasi bukan untuk menyelamatkan orang, tetapi harus menyelamatkan system yang ada.

“Dari awal Pansus seakan diminta menyetujui kertas kosong. Karena draf SOPD yang diserahkan pada Pansus tanpa dilengkapi bidang,”pungkasnya.

Sementara, sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto mengaku menyerahkan terhadap mekanisme yang ada. Sebab, kedepan masih banyak agenda yang harus diselesaikan.

“Kami lebih mementingkan kepentingan umum, sebab kalau hanya terus-menerus berkutat dalam pembahasan raperda SOPD itu, semuanya tidak akan selesai,”pungkasnya.

(Hoki/Rud)

loading...

LEAVE A REPLY